SOSIALISASI CARA PEMBUATAN SERTA MANFAAT YOGURT BAGI KESEHATAN TUBUH OLEH MAHASISWI FMIPA KIMIA

Finally……

Akhirnya aku bisa bernapas dengan lega..
bahkan amat amat amatttt sangat lega..

Karena KKN sudah berakhir…

Alhamdulillah… Alhamdulillahirrabilalamin…

Gak terasa 30 hari masa KKN digampong Ateuk Lampeuot telah terlewati oleh saya dan teman-teman…  Mulai dari tanggal 13 januari sampai 12 Februari…

Tanggal 13 Januari awal KKN dimulai, Dimana kami 10 orang dikumpulkan di gampong Ateuk lampeuot dengan watak , keunikan, pola tingkah laku serta ego yang berbeda-beda … Walaupun demikian PROGRAM tetap harus berjalan…

Dan tepat nya tanggal 12 Februari kemarin, KKN resmi “BERAKHIR “. Harapan tak munafik saya atas berakhir nya KKN ini yaitu untuk mendapatkan nilai A.

Banyak kenang-kenangan yang tidak terlupakan selama berada digampong… semuanya memiliki berbagai macam rasa.. ada yang pahit, asam, asin, sedang, bahkan ada rasa yang bikin mau muntah….

Sebagai Salah Seorang Mahasiswa Fakultas MIPA tepat nya Jurusan KIMIA, telah banyak ilmu yang saya dapatkan selama saya mengikuti kuliah…

PROGRAM UTAMA  yang saya terapkan untuk gampong Ateuk Lampeuot yaitu “ Sosialisasi Cara Pembuatan Serta Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan Tubuh”. Nah.. kenapa saya mengambil Program tersebut????

Pertama : yogurt itu baik untuk kesehatan terutama untuk pencernaan kita

Kedua     : banyak warga gampong yang tidak mengenal yogurt serta manfaat nya dan cara pembuatannya

ddddd

kegiatan sosialisasi cara pembuatan serta manfaat yogurt bagi kesehatan tubuh

kegiatan sosialisasi cara pembuatan serta manfaat yogurt bagi kesehatan tubuh

Selain itu,  saya juga mengadakan BIMBEl alias bimbingan belajar untuk anak-anak di gampong Ateuk Lampeuot terutama dibidang kimia yang sedang saya geluti… Biasanya anak-anak beramai-ramai mendatangi posko mahasiswa/i KKN  untuk belajar…

tak hanya teori saja yang saya berikan… Tetapi pratikum sederhana pun saya berikan sekalian untuk menghibur anak-anak tersebut…karena teori tanpa praktek itu kurang afdoll….

Bimbel tentang Asam, Basa dan Garam serta pratikum menggunakan kertas lakmus

Bimbel tentang Asam, Basa dan Garam serta pratikum menggunakan kertas lakmus

pratikum kimia sederhana menggunakan asam cuka dan baking soda yang menghasilkan gas

pratikum kimia sederhana menggunakan asam cuka dan baking soda yang menghasilkan gas

PROGRAM PENUNJANG yang saya lakukan berupa kegiatan kerajinan tangan dan masak. Kegiatan kerajinan tangan yang saya berikan berupa pembuatan bros yang ditujukkan untuk para ibu-ibu dan anak remaja perempuan gampong ateuk lampeuot..

Selain bisa digunakan sendiri, bros tersebut bisa dijadikan modal usaha untuk para ibu-ibu gampong Ateuk Lampeuot…

Pembuatan bros bersama ibu-ibu gampong Ateuk Lampeuot

Pembuatan bros bersama ibu-ibu gampong Ateuk Lampeuot

 

Adapun kerajinan tangan lain yang saya ajarkan untuk anak-anak , berupa seni melipat dari kertas origami. Dari sini kita bisa melihat nilai seni serta kerapian dari anak-anak tersebut… dimana kertas origami yang telah terbentuk akan dirangkai menjadi sebuah tirai pintu…

Nah saat kegiatan ini di lakukan, keributan mulai muncul saat mereka tidak mengetahui langkah – langkah melipat kertas selanjutnya…..

Ada yang kebingungan..

Ada yang gak kelihatan..

Ada yang sibuk dengan urusannya sendiri.. dll

Peningg sihhh liatnya, tapi gimana lagi nama nya juga anak-anak… namun bisa mengarahkan mereka,  menghasilkan kebahagian tersendiri untuk saya…

kerajinan seni melipat kertas origami

kerajinan seni melipat kertas origami

Hasil seni melipat kertas origami anak-anak dijadikan tirai pintu

Hasil seni melipat kertas origami anak-anak dijadikan tirai pintu

Program penunjang lain yang saya lakukan berupa membuat pizza rumahan.. Walaupun pizza apa adanya, tapi saya sangattt senang saat proses pembuatannya.. Kenapa demikian??? karna ibu-ibu nya saling membantu… selain membantu saat proses pembuatan, ibu-ibu juga membantu dalam segi dana untuk pembuatan pizza ini……

kegiatan membuat pizza bersama ibu-ibu ateuk lampeuot

kegiatan membuat pizza bersama ibu-ibu ateuk lampeuot

PROGRAM KHUSUS yang saya lakukan yaitu ikut mengajar ngaji untuk anak-anak.. Walaupun cara mengaji saya belum betul-betul amat, tapi saya tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak…

Disini saya sangat sangat sangat memiliki kepuasan tersendiri… Karena ini pengalaman pertama saya mengajar ngaji….

Kegiatan mengajar mengaji bersama anak-anak

Kegiatan mengajar mengaji bersama anak-anak

PROGRAM TAMBAHAN saya yaitu mengikuti donor darah yang diadakan dikecamatan simpang tiga oleh PMI…  Seumur hidup saya belum pernah donor darah, karena hal ini lah saya berniat mendonorkan darah saya.. Namun karena Hb saya pas-pas an terpaksa tidak jadi mendonorr…

Mengikuti kegiatan donor darah yang dilakukan dikecamatan simpang tiga oleh PMI

Mengikuti kegiatan donor darah yang dilakukan dikecamatan simpang tiga oleh PMI

PROGRAM  PENDUKUNG saya berupa membantu program teman kelompok diantara nya sosialisasi siaga bencana, sosialisasi dan praktek olahraga tradisional dll…

dfem

 

 

 

 

 

Tentang aririnandara

kelompok 5,,,mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) periode 6 Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Pos ini dipublikasikan di informasi desa. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar